• Home » » Pergantian Shockbreaker Depan Apv Arena

    Pergantian Shockbreaker Depan Apv Arena

    Daripada timbul masalah lagi pada suspensi depan dikemudian hari yang akan merembet ke ban, akhirnya sepasang schockbreaker depan kiri dan kanan harus diganti, .. . Keterangan mekanik menyebutkan bahwa shock breaker bisa saja diperbaiki akan tetapi hasilnya tidak akan maximal karena akan bocor kembali dalam waktu singkat… kalau dikalkulasi biaya yang akan dikelurakan akan sama dengan pembelia shock breaker baru.
    Di buku manual atau informasi teknik Suzuki APV tidak pernah dijelaskan type apakah schokbreaker depan APV ternyata Shock breaker bawaan APV adalah shock berjenis oli karena  kalau  shockbreaker ditekan tersebut sampai habis (panjang minimum), kemudian lepaskan, batangnya akan keluar hanya separo.. ya itu menandakan itu shockbreaker menggunakan oli.
    Dibengkel sulit mendapatkan barang baru type oli kecuali barang recycle, hanya tersedia shockbreaker dengan merek KYB Ultra type gas double action yang digunakan oleh sebagian besar mobil yang ada di Indonesia. Dengan redaman pada saat compresi dan saat rebaund memberikan tingkat peredaman kejut yang maksimal. Harganya cukup mahal RP 950.000 untuk sepasang shock kiri dan kanan yang menurut keterangan bengkel barang ini akan bertahan sampai dengan 100.000 km setara dengan pemakaian 6-7 tahun APV untuk keperluan keluarga. Total dengan pemasangan dan spooringnya menghabiskan dana yang cukup besar yaitu RP 1.100.000.
    Setelah di uji coba untuk dijalankan disegala macam kondisi ternyata masih ada masalah .. pada suspensi depan .. yakni suara-suara aneh yang timbul…  terutama ketika melewati jalan kriting atau polisi tidur … Ah keluar uang lagi karena harus check lagi ke bengkel kaki-kaki mobil mesti keluar biaya.. dan harus dibongkar lagi untuk memastikan apakah pemasangannya shock breaker baru belum pas atau ada ring baut yang tidak dipasang .. ah ternyata ketemu penyebabnya.. karet dudukan shock breaker yang  sudah tidak lagi meredam getaran alias sudah keras dan mengecil…
    Oh belum juga selesai .. masalanya. karena sekarang dudukan hanya diganjal dengan ban dalam bekas sehingga dalam masa 3 bulan bodi mobil APV akan bergetar lagi karena karet dudukan  shock breaker sudah berubah..lagi. Harus keluar uang lagi untuk membeli karet dudukan dan biaya untuk pemasanganya….
    Ahh…  APV kok seperti itu !
    Sumber  :  suzukijogja
    Advertisement

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Rental Mobil Sukabumi. Diberdayakan oleh Blogger.
    notifikasi
    close